Minggu, 06 Februari 2011

KATA KATA POSITIF


KATA-KATA POSITIF
oleh Bu Nani Bk pada 20 Januari 2011 jam 22:07
Seminggu yang lalu saya membeli kalender meja tahun 2011. Sebetulnya mungkin terlambat karena biasanya orang lain  telah menyiapkannya sejak bulan desember tahun lalu. Tapi bagi saya, biarlah daripada tak punya. Entah kenapa, tahun ini saya memang hanya punya satu kalender di rumah...Saya bilang pada suami saya: apakah sekarang orang-orang sudah tidak semangat  bikin kalender ya ? Sehingga pasokan kalender dari relasi berkurang dari biasanya.

Menariknya dari kalender yang saya beli adalah pada kalender tersebut tertera kata-kata sugestif dan positif. Kebanyakan bersumber dari ayat-ayat Al-Quran, Hadist atau kata-kata mutiara. Mungkin itulah alasannya kenapa saya tertarik memilih kalender tersebut ketimbang kalender bergambar/ foto artis.

Biasanya saya sengaja memperoleh(mencari)  kata-kata positif/sugestif dari Facebooknya  Mario teguh atau  Facebooknya Positif Thinking. Setiap hari, bahkan beberapa kali dalam sehari beliau menguploadnya. Dan saya selalu membacanya, menyimaknya. Bagi saya, kata-kata positif ibarat kita dianjurkan minum air bening delapan gelas sehari,demi kesehatan, karena memang kita membutuhkannya. sebab jika tidak, maka kemungkinan kita akan menderita dehidrasi.

Kenapa saya menganggap kata-kata positif begitu penting? Logikanya begini: jika kita memulai kehidupan  pada pukul  lima pagi dan memejamkan mata  untuk mengistirahatkan tubuh pada pukul sembilan malam, maka kita telah berkomunikasi dengan alam semesta selama kurang lebih enam belas jam. Selama itu pula kita telah menerima berbagai stimulus (rangsangan), baik yang bersifat positif maupun negatif.

Jika sepanjang waktu tersebut kita  mendapatkan respon positif (tunjangan penghasilan naik, para siswa berlaku baik dan sopan, dapat bonus/hadiah dari produk yang kita konsumsi, dll), maka dapat dipastikan hati kita bahagia dan  dalam tidurpun kita akan tersenyum...

Tapi coba sebaliknya. Selama waktu tersebut mungkin saja kita bersentuhan dengan benda mati yang menjengkelkan  (meja yang rusak, pulpen yang tintanya habis, dll), atau  dengan makhluk hidup yang telah menghabiskan kesabaran  seperti binatang (ayam yang berak di pekarangan, tikus yang menggigiti buku, dll). Dan karena kita adalah manusia, tentunya  yang paling sering akan  bersinggungan dengan manusia lainnya (supir angkot yang lambat, siswa yang tidak mengerjakan PR, kalimat tak berkenan dari orang lain, dll)....Jika sepanjang hari kita mengalami hal-kal demikian, apa yang terjadi?

Kemungkinan yang  terjadi adalah: energi positif kita tersedot. Berkurang, bahkan mungkin habis. Dalam tubuh kita hanya tersisa energi negatif. Energi yang menggerakkan kita untuk berpikir negatif tentang apapun, bahkan mungkin tentang orang lain Akibatnya, kita terbawa emosi, uring uringan, lepas kontrol dalam bicara dan berperilaku. Lebih dahsyat lagi, kita membuka permasalahan baru!

Entah penting atau tidak untuk anda, tapi bagi saya: saling berbagi energi positif diantara kita amatlah penting. Terserah bentuknya apa, mungkin ada yang suka saling berbagi pengetahuan tentang ilmu agama, ilmu memasak, ilmu mendidik anak, ilmu mengatur anggaran belanja, atau hal lainnya. Apapun itu, asal kesemuanya bermuara pada saling mendukung secara positif, tentu amat bermanfaat.


Nah, kata-kata positif dari kalender meja saya hari ini, amat menarik, menyentuh. Saya tidak ujub untuk dapat mengaplikasikan semuanya atau sekaligus. Tidak, sekali lagi tidak!  sebagai manusia, saya hanya berharap suatu saat, entah kapan..hanya tuhan yang tahu. Saya sekadar ingin berbagi saja  dengan anda, khususnya kaum perempuan.

Baik, saya buka ya kalendernya. Hari ini, Kamis, tanggal 20 Januari 2011:

"Untuk kecantikan anda, bermake-uplah ke salon iman, hiasi mata dengan menundukkan pandangan, niscaya mata semakin bening dan jernih. Warnai bibir dengan lipstik kejujuran, niscaya bibir semakin manis saja. Merahkanlah pipi dengan rasa malu, niscaya semakin menawan. Cucilah rambut dari ketombe pandangan liar dengan jlbab penutup yang rapat, niscaya akan aman. bersihkanlah diri dari dosa dan kesalahan dengan sabun istigfar, niscaya semakin putih jiwa anda. oleskan lulur kasih sayang, niscaya akan semakin lembut hati anda. (HIKMAH)"

Semoga bermanfaat. Amin.

Langit Lembang, 20 Januari 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar